nama : Mochamad Yusuf R
Nim : 0910483109
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling berhubungan dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain. adanya permintaan yaitu karena adanya suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap individu dimana harga merupakan suatu titik pertemuan atau ujung tombak dengan kegiatan penawaran dimana ketika harga suatu barang meningkat maka permintaan akan menurun (berbanding terbalik dengan harga), dan ketika harga meningkat maka penawaran akan tinggi (berbanding lurus dengan harga).
Dalam makalah ini kami akan membahas lebih dalam tentang penawaran serta faktor-faktor dari penawaran. Dimana penawaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh produsen/penjual untuk menjual hasil produksinya pada watu,tempatdan harga tertentu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya merupakan suatu rangkaian dari keberlangsungan suatu kegiatan perekonomian dalam konteks sempit penawaran
BAB II
PEMBAHASAN
Penawaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh produsen/penjual untuk menjual hasil produksinya pada watu,tempatdan harga tertentu. Sedangkan penawaran terdiri dari beberapa jenis yaitu:
1. 1. Penawaran sub marginal
Penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar , contohnya: tengkulak/distributor
2. 2. Penawaran marginal :
Penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual sama dengan harga pasar.
3. 3. Penawaran super marginal :
Penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar
4. 4. Penawaran individu :
Penawaran yang dilakukan oleh satu individu
5. 5. Penawaran pasar :
Penawaran yang dilakukan oleh banyak penjual dipasar.
Penawaran berdasarkan elastisitasnya penawaran yaitu:
1. 1. Penawaran elastis
Penawaran disebut elastis apabila koefisien elastisitasnya lebih besar dari satu (Es > Artinya,persentasi perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih besar daripada persentase perubahan harga
Penawaran disebut elastis apabila koefisien elastisitasnya lebih besar dari satu (Es > Artinya,persentasi perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih besar daripada persentase perubahan harga
2. 2. Penawaran inelastis
Penawaran disebut inelastis apabila koefisien elastisitasnya lebih kecil dari satu (Es < 1). Artinya,persentasi perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih kecil daripada persentase perubahan harga
Penawaran disebut inelastis apabila koefisien elastisitasnya lebih kecil dari satu (Es < 1). Artinya,persentasi perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih kecil daripada persentase perubahan harga
3. 3. Penawaran elastis uniter
Penawaran disebut elastis uniter apabila koefisien elastisitasnya sama dengan satu (Es = 1). Artinya,persentasi perubahan jumlah penawaran sama dengan persentase perubahan harga.
Penawaran disebut elastis uniter apabila koefisien elastisitasnya sama dengan satu (Es = 1). Artinya,persentasi perubahan jumlah penawaran sama dengan persentase perubahan harga.
4. 4. Penawaran Elastis Sempurna
Penawaran disebut elastis sempurna apabila koefisien elastisitasnya sama dengan tak terhingga (Es = ∞). Artinya,pada perubahan harga tertentu, kuantitas yang diminta berubah menjadi tidak terbatas.
Penawaran disebut elastis sempurna apabila koefisien elastisitasnya sama dengan tak terhingga (Es = ∞). Artinya,pada perubahan harga tertentu, kuantitas yang diminta berubah menjadi tidak terbatas.
5. 5. Penawaran Inelastis Sempurna
Penawaran disebut inelastis sempurna apabila koefisien elastisitasnya sama dengan nol (ES = 0). Artinya,berapapun besarnya perubahan harga, kuantitas yang diminta tidak akan berubah
Penawaran disebut inelastis sempurna apabila koefisien elastisitasnya sama dengan nol (ES = 0). Artinya,berapapun besarnya perubahan harga, kuantitas yang diminta tidak akan berubah
HUKUM PENAWARAN
Hukum PenawaranHukum penawaran menjelaskan tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang ataujasa yang akan ditawarkan. Hukum penawaran menyatakan bahwa antara harga dengan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan mempunyai hubungan positif atau berbandinglurus. Sedangkan bunyi dari hukum penawaran yaitu :
semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkanBerdasarkan hukum penawaran diatas maka dapat kita ketahui bahwa antara permintaan dan penawaran sangat berhubungan dengan erat dan harga merupakan faktor penentu dari besar kecilnya penawaran dan permintaan. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli dan penjual di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga. Sehingga terjadilah transaksi antara penjual dan pembeli. Berikut ini grafik dan tabel yang dapat meperjelas keterangan diatas
tabel penawaran
No | | Harga (P) | | Jumlah(Q) |
1 | | Rp. 20.000 | | 20 |
2 | | Rp. 40.000 | | 40 |
3 | | Rp. 50.000 | | 60 |
4 | | Rp. 80.000 | | 80 |
5 | | Rp. 100.000 | | 100 |
GRAFIK PENAWARAN
Dari tabel dan grafik diatas dapat kita simpulkan Hukum penawaran menyatakan bahwa antara harga denganjumlah barang atau jasa yang ditawarkan mempunyai hubungan positif atau berbandinglurus . Hukum penawaran akan berlaku apabila kondisi ekonomi dalam keadaan ceteris paribus,artinya tidak ada perubahan pada faktor-faktor . kurva penawaran juga dapat mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran selain faktor harga. Bergesernya kurva penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva penawaran bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan. Namun, ketika kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran barang. Misalnya diperkirakan harga jeruk bulan depan akan naik karena harga pupuk naik. Kenaikan harga jeruk menyebabkan penurunan penawaran jeruk. Sehingga ketika diperkirakan harga di masa depan naik, maka penjual akan mengurangi jumlah barang yang dijualnya .
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN
1. 1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. 2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. 3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4. 4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. 5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
6. Keadaan cuaca/iklim/bencana dan keadaan geografisGrafik atau kurva penawaran adalah garis yang terbentuk karena adanya pertemuan antaraharga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Ø >Penawaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh produsen/penjual untuk menjual hasil produksinya pada watu,tempatdan harga tertentu.
Ø >Jenis penawaran: Penawaran sub marginal,Penawaran marginal,Penawaran super marginal,Penawaran individu ,Penawaran pasar.
Ø >Hukum PenawaranHukum penawaran menjelaskan tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang ataujasa yang akan ditawarkan
Ø >Harga-harga barang lain, termasuk di antaranya harga bahan baku, juga ikut memengaruhi penawaran. Semakin mahal harga bahan baku, semakin mahal pula harga produk yang dihasilkan. Namun biasanya, kenaikan harga bahan baku cenderung mengurangi keuntungan yang diterima oleh produsen, sehingga produsen akan mengurangi tingkat produksi dan mengurangi tingkat penawaran.
>Faktor – faktor penawaran: Biaya produksi dan teknologi yang digunakan,Tujuan Perusahaan,Pajak,Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap,Prediksi / perkiraan harga di masa depan,Keadaan cuaca/iklim/bencana dan keadaan geografisGrafik atau kurva penawaran
DAFTAR PUSTAKA
1. 1. Wikipedia.2011.penawaran @http://id.wikipedia.org/wiki/Penawaran. Diakses pada tanggal 16 maret 2011 pukul 19.00 WIB
2. 2. Godam64.2011. Pengertian Permintaan dan Penawaran, Hukum & Faktor Yang Mempengaruhi @http://organisasi.org/. Diakses pada tanggal 16 maret 2011 pukul 19.15 WIB
3. 3. Wapedia.2011.PENAWARAN , PERMINTAAN & HARGA @http://id.wapedia.org/penawaran. Diakses pada tanggal 16 maret pukul 19.19 WIB
4. 4. Sadli,fadli. 2010. HUKUM PERMINTAAN PENAWARAN, KONSEP ELASTISITAS, MACAM-MACAM BIAYA, STRUKTUR PASAR DAN PENGERTIAN UANG.universitas Gunadarma.pdf.www.google.com/penawaran dan faktor-faktor penawaran. Diakses pada tanggal 17 maret 2011 21.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar